Simpel dan Enak Sambal Ikan Asap Langsung ke konten utama

Simpel dan Enak Sambal Ikan Asap

Sambal Ikan Asap/Asar

SOPIN, dalam dapur Blog Petualangan Yotam kali ini kita akan memasak Sambal Ikan Asap/Asar, ikan asar adalah ikan yang diawetkan secara tradisional dengan menggunakan asap dari batok kelapa, ikan asar atau ikan asap banyak kita jumpai di daerah pesisir yang mengawetkan ikan dengan metode ini, proses pengawetan dengan metode ini dapat membuat ikan bertahan lama dan menambah rasa dengan cita rasa khas pada ikan. Di Manokwari yang merupakan ibu kota dari provinsi Papua Barat terdapat pusat pembuatan ikan asar yang berada di kampung terapung (belakang pasar Borobudur/ pasar sore).
Nah...pada kesempatan kali ini kita akan membuat Sambal Ikan Asar, adapun bahan-bahan yang perlu SOPIN siapkan sebagai berikut;

  • 2  ekor Ikan Asar berukuran sedang, disini saya memakai ikan ekor kuning (jenis, ukuran dan jumlah ikan asar dapat SOPIN sesuaikan),
  • ¼ kg Cabe rawit (tingkat kepedasan dapat disesuaikan),
  • 8 buah tomat, (jumlah dapat SOPIN sesuaikan dengan kebutuhan)
  • 5 siung bawang putih,
  • 7 siung bawang merah,
  • 3 lembar daun salam,
  • ½ cm kunyit (bisa juga memakai kunyit bubuk), 
  • ¼ sdm merica bubuk,
  • Garam dan penyedap makan rasa ayam
  • Minyak Goreng secukupnya.
Liat juga; My Photo Collection 

Berikut proses pembuatan Ikan Asar Sambal yang simpel dan enak,
Langkah 1,
SOPIN bersihkan Ikan asar, cuci bagian luar dengan air mengalir tiriskan dan kita suwir dengan ukuran sedang atau sesuai kebutuhan kita sisihkan dan persiapkan bumbunya haluskan  bawang merah dan putih, begitu juga dengan cabe, serta kunyit (haluskan secara terpisah), selanjutnya SOPIN iris tipis tomat. 

Langkah 2, 
Setelah bumbu selesai kita haluskan, SOPIN panaskan minyak goreng secukupnya dan tumis bawang putih serta bawang merah secara bersamaan hingga wangi kemudian masukkan daun salam, kunyit, merica dan disusul dengan cabe/rica serta irisan tipis tomat aduk hingga merata, setelah rata SOPIN masukkan garam dan penyedap makanan rasa ayam aduk kembali serta tambahkan air kurang lebih 70 ml aduk hingga merata dan mendidih. Setelah mendidih masukkan ikan asar yang kita sisihkan tadi kembali aduk hingga tercampur secara merata dan masak dengan api kecil hingga agak kering. 

Langkah 3, 
SOPIN Koreksi rasa dan jika sudah sesuai angkat dan sajikan, silakan SOPIN coba nikmati dengan nasi putih hangat.

Liat juga; My Photo Galery

Selamat mencoba dan sampai jumpa lagi dalam blog kesayangan kita yakni blog Petualangan Yotam, blog yang informatif, bermanfaat serta menghibur.

Komentar