Pulau Mansinam Langsung ke konten utama

Pulau Mansinam

Pulau Mansinam

SOPIN, kembali lagi di Blog Petualangan Yotam, blog yang Informatif Bermanfaat serta Menghibur pada tulisanku kali ini saya akan menceritakan tentang sebuah pulau di Manokwari yang merupakan tanah peradaban orang Papua ya...Pulau Mansinam.
Sebelum saya lebih jauh menceritakan tentang perjalanan ke pulau ini serta menikmati keindahan dan pesona pulau yang satu ini saya akan menceritakan sedikit tantang sejarah pulau ini.

Pulau Mansinam merupakan tempat dimulai nya peradaban di tanah Papua, ya tempat ini menjadi saksi sejarah masuknya Injil ke Tanah Papua, yang di bawah oleh 2 orang misionaris yakni, Carl Wilhelm Ottouw dan Johan Gottlob Giessler pada 5 Februari 1855, sehingga setiap 5 Februari diperingati sebagai hari Injil masuk ke Tanah Papua yang juga merupakan puncak kunjungan para wisatawan lokal maupun luar.
Manokwari juga disebut sebagai kota Injil, untuk lebih lengkap tentang kisah dan sejarah tentang pulau ini, SOPIN bisa googling aja ya.


5 Februari menjadi puncak kegiatan dari peringatan Injil masuk Papua, beragam kegiatanpun di lakukan di dalam pulau yang satu ini, mulai dari ibadah sampai dengan beragam acara yang telah di siapkan oleh panitia.

Sejenak kita tinggalkan tentang kegiatan di dalam pulau Mansinam, di sini saya akan berbagi cerita saya tentang pulau ini, untuk menuju kepulauan ini kita dapat melewati akses laut, sedang tempat penyeberangan banyak lokasi yang dapat kita ambil untuk menuju ke pulau ini, kali ini saya memilih lokasi Ketapang kwawi yang berada di jalan. Pasir putih Distrik Manokwari Timur (tempat penyeberangan ke pulau Mansinam) dari tempat ini kita telah siap di layani oleh taksi laut yang siap mengantar kita, untuk harga nya 10k/org.
Uniknya di taxi laut ini kita akan di temani dengan musik yang di putar di atas longboat (perahu) yang akan menemani perjalanan kita menuju ke pulau Mansinam, dalam perjalanan menuju ke lokasi kita akan melihat sebagai kecil dari keindahan teluk Doreri sedangkan waktu yang kita butuhkan bisanya 10-15 menit untuk tiba di pulau Mansinam.


Setibanya kita di pulau ini kita akan disambut dengan pasir putih yang mengelilingi pulau Mansinam, dari sini juga kita melihat dan mempelajari tentang sejarah dari Injil pertama kali masuk.







Jadi SOPIN gambar di atas adalah beberapa tampilan yang akan menemani perjalanan SOPIN menikmati serta mengenal lebih dekat tentang Pulau Mansinam.

Menyusuri jalan beton yang terdapat di pulau ini kita akan mendapatkan sebuah gereja dan lapangan yang biasanya di pakaian untuk puncak ibadah syukur pada 5 Februari. Tidak berhenti di situ SOPIN selanjutnya kita terus melangkah maka kita akan melihat di puncak pulau ini sebuah patung Yesus yang berukuran besar dengan tangan yang terbuka.

Mengunjungi pulau ini akan membuat kita menikmati pengalaman yang luar biasa, bisa menikmati keindahan alam pulau ini, kita juga bisa melihat saksi sejarah di pulau ini dan mempelajari tentang perjalanan sejarah Injil masuk ke Tanah Papua.

Silakan datang berkunjung ke pulau ini serta tetap menjaga kebersihan lingkungan,
Pada tanggal 5 Februari ada banyak akses yang dipakai untuk menuju kelokasi salah satu nya adalah dermaga umum (pelabuhan Manokwari) yang dipakai oleh kapal yang telah di sediakan oleh panitia dan menjadi puncak kegiatan memperingati HUT PI (Pengkabaran Injiil).
Berikut video yang saya ambil saat kegiatan 5 Februari 2020 di Pelabuhan Manokwari



Sekian dulu cerita saya tentang pulau ini yang menandakan Sampai bertemu kembali dalam Blog Petualangan Yotam, blog yang Informatif Bermanfaat serta Menghibur.
Salam Petualangan Indonesia.


Komentar