Resep Pampis Ikan Asar Langsung ke konten utama

Resep Pampis Ikan Asar

Buat Pampis Ikan Asar

SOPIN, kali ini dalam Blog Petualangan Yotam, blog yang Informatif, Bermanfaat serta Menghibur kembali akan membagikan Resep makanan yang mungkin bisa SOPIN coba buat di rumah untuk di nikmati bersama keluarga ataupun sahabat.

Resep kuliner Pampis ikan Asar, bahannya sebagai berikut;

  • 1 Ekor ikan asar ( ikan asar adalah ikan yang di awetkan secara tradisional) jika SOPIN tidak ada ikan asar bisa memakai ikan mentah tapi ikan di kukus terlebih dahulu.
  • Bawang Merah 1/2 kg
  • Bawang Putih 5 siung
  • Cabe Rawit/rica sesuai kebutuhan, disini saya memakai 1/2 kg
  • Garam dan penyedap makanan secukupnya
  • Minyak Goreng 500ml
Langkah selanjutnya setelah bahan siap kita bisa pisahkan tulang ikan kemudian kita suwir ikannya, potongan tipis bawang merah dan putih, ulek cabe rawit/rica (SOPIN juga bisa memakai blender).


Dan saatnya kita masak SOPIN, panaskan minyak sebanyak 500 ml, masukan bawang merah yang telah di potong tipis-tipis kemudian kita goreng sampai kemerah-merahan, kalu saya biasa menyebutnya goreng sampai mendekati bawang goreng, ingat SOPIN selalu kita aduk.
Setelah Langkah ini selesai kita masukan cabe rawit/rica beserta bawang putih,
Kita goreng sampai tercampur merata dan menyatu (jika SOPIN mau agar lebih wangi SOPIN bisa menambahkan 2 lembar daun salam.
Bumbunya sudah tercampur merata kita masukan ikan asar yang telah kita suwir kemudian kita aduk lagi.


Dalam proses ini SOPIN kita harus memasak pampis/abon ikan dengan api yang sedang serta di aduk agar masak secara merata, masukan garam 2 sendok makan dan bumbu penyedap 1 sendok makan atau  sesuai dengan kebutuhan SOPIN.

Setalah dimasak kurang lebih 15-20 menit atau telah berubah warna kuning kecokelatan maka Pampis/abon ikan siap di angkat dan  di tiriskan dari sisa minyak penggorengan selama 1-2 jam.

Selesai itu maka Pampis atau abon ikan siap untuk disantap atau bisa di simpan di dalam toples, Pampis ini bisa tahan kurang lebih 1 Minggu.
Untuk lebih lanjutnya tentang resep yang satu ini SOPIN bisa menonton video ku di bawah ini.
Sampai jumpa lagi dalam Blog Petualangan Yotam, blog yang Informatif, Bermanfaat serta Menghibur.
Salam Pecinta Kuliner Indonesia.

Komentar