Buat Klepon atau Onde-onde Ungu Langsung ke konten utama

Buat Klepon atau Onde-onde Ungu

Resep buat Klepon Ungu.

SOPIN, saya akan membagikan resep membuat salah satu kue Tradisional Indonesia di blog Petualangan Yotam, Blog yang Informatif, Bermanfaat serta Menghibur.

Klepon atau di sebagian daerah Indonesia di sebut juga dengan onde-onde, dan kita akan membuat Klepon atau Onde-onde Ungu dan berikut bahan-bahan yang harus di siapkan.
  • Siapkan Ubi ungu secukupnya
  • 1 buah gula merah
  • 2 buah kelapa parut
  • 1 bungkus tepung ketan putih merek bebas pilih
  • 2 sendok garam
Setalah bahannya siap kita kukus ubi ungu 20-30 menit dengan api yang sedang,
Kemudian selanjutnya kita angkat kupas kulitnya dan hancurkan dengan sendok dalam sebuah wadah, tampak seperti gambar dibawah ini;
Kita sisihkan dulu SOPIN, kita buat Santa dari 1 buah kelapa parut rendam dengan air hangat secukupnya, kemudian kita peras untuk ambil Santannya, cukup santan pertama.

Seusai itu kita sisihkan dan siap kita buat adonan onde - onde siapkan tepung ketan kemudian kita masukan secara perlahan  atau sendok demi sondok begitu juga dengan santan nya tuangkan kan secara perlahan aduk secara merata hingga terbentuk adonan yang sesuai.


Setelah itu kita lanjutkan membuat bulatan Onde-onde dengan isi gula merah nah, SOPIN gula merah kita iris tipis dan halus. Buat bulatan kecil, kemudian kita masukan isi nya selanjutnya kita buat lagi bulatan agar isi nya tertutup.

Jika semua telah jadi saatnya kita masukan di air yang telah mendidih (usahakan sebelum membuat bulantan dari adonan kita sudah memasak air sehingga saat selesai bisa langsung kita rebus atau bisa juga sambil mendih air nya kita buat bulatan)


Rebus sampai klepon nya terangkat atau mengapung kemudian kita angkat dan tiriskan serta tuangkan di atas parutan kelapa yang telah kita siapkan.


Setelah terlumuri dengan parutan kelapa bisa diangkat dan disajikan Klepon atau Onde-onde Ungu siap di nikmati dengan secangkir kopi atau teh.
Selamat mencoba SOPIN
Semoga bermanfaat dan Sampai jumpa lagi dalam blog Petualangan Yotam, blog yang Informatif, Bermanfaat serta Menghibur

Salam Pecinta kuliner Indonesia.

Berikut video proses pembuatan Klepon atau Onde-onde Ungu.






Komentar