NgePinang Tradisi turun-menurun di Papua Langsung ke konten utama

NgePinang Tradisi turun-menurun di Papua

Kunyah Pinang di Papua

Wilayah Papua dimiliki oleh 2 negara yakni Indonesia dan Papua Nugini. Untuk wilayah NKRI terbagi menjadi dua bagian provinsi yakni Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Dan tulis dalam blog Petualangan Yotam, blog yang Informatif,  Bermanfaat serta Menghibur akan mengajak melihat SOPIN tentang sebuah tradisi dan keseharian yang di lakukan oleh masyarakat Papua, yakni makan pinang atau kunyah Pinang


Pinang adalah salah satu jenis tumbuhan manokotil yang termasuk dalam Golongan palem-paleman. Pinang sendiri sangat di gemari oleh masyarakat Papua, dari berbagai kalangan usia suka dan gemar menikmati pinang.

Untuk mengkonsumsi pinang, SOPIN perlu menyiapkan buah pinang sesuai keinginan mau satu atau dua bahkan lebih sebelumnya di kupas kulit pinangnya kemudian ditambah dengan sedikit potongan buah siri dan sedikit kapur menjadi satu paket untuk di nikmati, bagi pemula atau yang baru coba pinangnya jangan di telan ya.


Pinang sendiri memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, mulai dari kesehatan gigi, memperlancar peredaran darah, mengatasi mulut kering, meningkatkan energi tubuh, dan lain-lain selain itu mengkonsumsi pinang bersama di jadikan keakraban bersama. 
Pinang Buah

Pinang Kering

Pinang  yang di konsumsi terbagi menjadi dua yakni pinang buah dan piang kering sedangkan harganya mulai dari 5K/tempat tergantung jumlah pinang dan siri.
Untuk mendapatkan sangat mudah dan di jual di pasar, kios, atau pun di pondok pinang yang tersedia, di Manokwari sendiri SOPIN banyak pondok pinang yang tersedia untuk kita beli pinang buah atau pinang kering.
Pondok Pinang di depan pelabuhan Manokwari

SOPIN datang ke Manokwari atau daerah manapun di Tanah Papua bisa mencoba makan pinang atau kunyah pinang sebuah tradisi yang telah dilakukan turun menurun sejak ratusan tahun.

Baca juga; Pulau Mansinam

Sekian dulu cerita saya kali ini di blog Petualangan Yotam dan sampai ketemu lagi dalam blog yang Informatif, Bermanfaat serta Menghibur




Komentar